PRINSIP DASAR BERKARYA SENI RUPA

Minggu, 27 Januari 2013



Ada beberapa hal...
yang perlu diperhatikan dalam berkarya seni rupa. Prinsip dasar ini sangat penting untuk diperhatikan dalam memulai menciptakan suatu karya seni. Prinsip dasar tersebut adalah:
KONSENTRASI


Pusatkan perhatian kita terhadap sesuatu yang ingin kita ciptakan terutama mengenai obyek utama dalam suatu tema rupa. Obyek utama itu diantaranya yaitu model yang realis atau model non realis. Dengan konsentrasi penuh nantinya dapat ditemukan ide untuk menciptakan bentuk-bentuk rupa tersebut.

KEMBANGKAN OBYEK
Mengembangkan obyek yang kita temukan pada saat kita konsentrasi, dengan memberikan masukan pada unsur-unsur yang ada di sekeliling kita. Pengembangan obyek akan memberikan variasi dan peningkatan karya secara kualitas.


MEMVISUALKAN OBYEK RUPA
Obyek yang ada kita pindahkan atau dituangkan dalam bentuk visual sesuai dengan ekspresi yang kita inginkan dalam karya seni rupa tersebut. Sehingga bentuk rupa tersebut dapat kita tangkap dalam bentuk karya seni yang bisa dinikmati oleh pencipta atau pengamat seni.


MENGGUNAKAN TEKNIK RUPA YANG SESUAI
Teknik disini harus disesuaikan dengan keahlian seseorang dalam menggunakan teknik yang telah dikuasainya, sehingga hasil karya yang diciptakan dapat maksimal dan karya tersebut dapat benar-benar berkualitas.


MENGGUNAKAN MEDIA YANG ADA
Artinya semua sarana dan prasarana yang mendukung dalam menciptakan karya seni harus benar-benar dimanfaatkan dan digunakan secara total demi terciptanya hasil seni yang sesuai dengan keinginan.


FINISHING SECARA TELITI DAN MENDETAIL
Akhiri dalam berkarya seni rupa dengan teliti sehingga tak satupun yang tertinggal atau terlupakan baik secara ide maupun dalam proses pembentukan karya hingga sampai pada saat poin terakhir untuk menyelesaikan karya yang sedang diciptakan. Periksa kembali secara rinci sampai pada poin-poin yang lebih mendetail, baik dari unsur titik, garis, bentuk, warna, tekstur atau tata letak gambar yang sedang dibuat.


Demikian secara garis besar prinsip dasar dalam berkarya seni rupa, sehingga nantinya dapat dihasilkan suatu karya seni rupa yang baik dan fonumenal.

sumber :  http://artkimianto.blogspot.com

0 komentar :

Posting Komentar

guru seni rupa sma negeri 2 surakarta

Foto Saya
Tidak ada keajaiban dalam pekerjaanku Aku tidak berjalan di atas air Aku tidak membelah lautan Aku hanya mencintai anak-anak, Inilah ladang misiku, yaitu hati seorang anak Dimana pemikiran dan tindakan yang tak berkesudahan berawal Karena dalam hati ini melalui kata-kata dan perbuatan Aku menanam dan menyirami benih-benih yang kudus.. Aku hanya bisa membantu mereka menemukannya di dalam diri mereka, Aku tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda. Tapi aku bisa membangun generasi muda untuk masa depan. Pendidikan bukanlah sesuatu yang diperoleh seseorang, Tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup. Dengan doa dan usaha kucoba Menggandeng tangan, Membuka pikiran. Menyentuh hati, Membentuk masa depan demi kebahagiaan yang hakiki.

AYO...BERKREASI !!

Diberdayakan oleh Blogger.