yuk...Buat GRAFITTI..

Selasa, 29 Januari 2013


GRAFFITI
Grafitti (juga dieja graffity atau graffiti) adalah...
gambar tulisan/  coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Grafitti berkisar dari kata-kata tertulis dari sederhana sampai rumit. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.

Sejarah
Grafiti di Pompeii. Grafiti ini mengandung tulisan rakyat yang menggunakan bahasa Latin Rakyat dan bukan bahasa Latin Klasik.
Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.
Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan.

Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan baru dimulai pada zaman Romawi dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.

Grafiti pada zaman modern
Grafiti pada Tembok Pemisah Israel di Israel-Palestina.
Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding.
Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami.
Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman terkenal yang mengawali kariernya dari kegiatan grafiti.
Fungsi grafiti
  • Bahasa rahasia kelompok tertentu.
  • Sarana ekspresi ketidak puasan terhadap keadaan sosial.
  • Sarana pemberontakan.
  • Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan sosial.
Hukum
Grafiti yang dibuat sebagai bentuk penolakan terhadap RUU APP
Pada perkembangannya, grafiti di sekitar tahun 70-an di Amerika dan Eropa akhirnya merambah ke wilayah urban sebagai jati diri kelompok yang menjamur di perkotaan. Karena citranya yang kurang bagus, grafiti telanjur menjadi momok bagi keamanan kota. Alasannya adalah karena dianggap memprovokasi perang antar kelompok atau gang. Selain dilakukan di tembok kosong, grafiti pun sering dibuat di dinding kereta api bawah tanah.
Di Amerika Serikat sendiri, setiap negara bagian sudah memiliki peraturan sendiri untuk meredam grafiti. San Diego, California, New York telah memiliki undang-undang yang menetapkan bahwa grafiti adalah kegiatan ilegal. Untuk mengidentifikasi pola pembuatannya, grafiti pun dibagi menjadi dua jenis.

Gang grafiti
Yaitu grafiti yang berfungsi sebagai identifikasi daerah kekuasaan lewat tulisan nama gang, gang gabungan, para anggota gang, atau tulisan tentang apa yang terjadi di dalam gang itu.

Tagging graffiti
Yaitu jenis graffiti yang sering dipakai untuk ketenaran seseorang atau kelompok. Semakin banyak graffiti jenis ini bertebaran, maka makin terkenallah nama pembuatnya. Karena itu grafiti jenis ini memerlukan tagging atau tanda tangan dari pembuat atau bomber-nya. Semacam tanggung jawab karya.


Apakah Anda mencari materi pembelajaran tentang graffiti? khususnya dalam hal menggambar. Kali ini kita akan membahas tentang Bagaimana Draw Surat Blok 3D Graffiti? Hal ini tidak mudah tapi akan sangat menarik karena efek 3D adalah sesuatu yang dapat mempesona setiap orang. Sebelum kita belajar maka Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat graffiti ini. Siap pensil, penghapus, kertas. Jangan lupa, untuk menjadi seniman besar Anda harus berani dan kreatif.

1
Langkah pertama dari tutorial ini adalah untuk menentukan kata yang akan dibuat menjadi grafiti 3D??.Anda dapat memilih kata-kata yang mudah dan favorit. Tapi kami telah memilih untuk menggunakan kata "BLOK". Anda dapat membuat garis pembantu untuk membuatnya lebih mudah untuk membentuk setiap huruf. Lihat gambar untuk mengetahui cara membuat garis bantu.

2
Unsur garis vertikal dan horizontal dari kata blok buatlah ketebalan yang seragam,

3
Lihat gambar sehingga Anda dapat lebih memahami. Gunakan garis bantu yang jelas dalam langkah sebelumnya untuk menarik kata-kata yang Anda pilih sebagai bentuk awal dari grafiti.

4
Jika bentuk dasar untuk grafiti telah terbentuk maka Anda harus menghapus bantuan garis tadi. Mari kita masuk ke tahap yang lebih kompleks. Langkah ini merupakan langkah dasar dalam membentuk huruf grafiti.

5
Pada langkah ini kita akan belajar untuk menciptakan efek 3D dengan membuat perspektif titik-berpusat pada satu titik di pusat. Jika Anda telah menentukan perspektif titik pusat maka Anda menarik garis dari setiap sudut huruf ke titik.

6
Selanjutnya pilihlah tempat perpotongan garis perspektif 3d dan menghapus garis perspektif bawah garis itu. menggambar garis ini memotong tepi untuk mencocokkan tepi huruf dan membentuk bagian belakang atau setiap huruf diekstrusi.

7
Berikan warna gelap di bagian bawah setiap huruf, maka akan memperkuat ilustrasi 3D yang ditampilkan.

8
Shade/ buat arsir bayangan bagian siku dan sisi ekstrusi, tapi tidak gelap seperti bagian bawah.

9
Langkah terakhir adalah untuk memperkuat efek 3D yang akan dibuat. Tambahkan bevel untuk huruf Anda dengan menggambar garis di dalam huruf, dan menghubungkan tiap-tiap sudut. Kemudian buat  bevel ke satu sisi.

Sampai disini langkah-langkah dan tahapan untuk membuat grafiti 3D telah selesai. Ini adalah tahap awal pembelajaran, Anda dapat mengembangkan trik sendiri dan cara-cara untuk membuat grafiti yang jauh lebih indah.

 contoh  pengembangan dari gambar grafitti





Grafitti dinding

 





...lihat videonya juga boleh...

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                ....SELAMAT BERKARYA....!

2 komentar :

Nanda Merita mengatakan...

wahhh kereenn. sangat kreatif..
terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com yaa

ratna lukita mengatakan...

Wow bagus dan bermanfaat.
Semangat

Posting Komentar

guru seni rupa sma negeri 2 surakarta

Foto Saya
Tidak ada keajaiban dalam pekerjaanku Aku tidak berjalan di atas air Aku tidak membelah lautan Aku hanya mencintai anak-anak, Inilah ladang misiku, yaitu hati seorang anak Dimana pemikiran dan tindakan yang tak berkesudahan berawal Karena dalam hati ini melalui kata-kata dan perbuatan Aku menanam dan menyirami benih-benih yang kudus.. Aku hanya bisa membantu mereka menemukannya di dalam diri mereka, Aku tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda. Tapi aku bisa membangun generasi muda untuk masa depan. Pendidikan bukanlah sesuatu yang diperoleh seseorang, Tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup. Dengan doa dan usaha kucoba Menggandeng tangan, Membuka pikiran. Menyentuh hati, Membentuk masa depan demi kebahagiaan yang hakiki.

AYO...BERKREASI !!

Diberdayakan oleh Blogger.