TEKNIK POINTILLISM/ POINTILISME

Jumat, 11 Januari 2013



Pointillism adalah teknik...
menggunakan serangkaian titik-titik untuk membuat gambar.Dibutuhkan waktu, dan banyak kesabaran, tapi hasilnya bisa sangat mengesankan!

Untuk pointilisme, Anda akan memerlukan beberapa pena khusus. Yang terbaik adalah pena ujung dengan tinta mengalir bebas. Liners Pigment Staedtler yang sangat baik  seperti ukuran 01, 03, dan 05.

Sepanjang gambar, Anda akan menggunakan setiap ukuran pena. Pastikan Anda berbaur titik-titik bersama-sama ketika Anda beralih ukuran pena. Hindari perbatasan di mana Anda beralih pena. Jika Anda ceroboh, beberapa poin  mungkin mendapatkan ekor kecil. Usahakan titik-titik/ poin terlihat bersih untuk pola di seluruh gambar Anda.

Setiap gambar apapun, Anda mulai dengan gambar garis yang baik. Garis kontur subjek Anda, serta bentuk dari bayangan dan highlight utama. Gunakan pedoman pencahayaan yang baik

.
Bila menggunakan pointilisme untuk warna, Anda harus berpikir tentang nilai-nilai seperti yang Anda lakukan ketika shading dengan pensil. Sangat penting untuk memiliki rentang nilai untuk memberikan kontras gambar Anda.


Mari kita gunakan bola sebagai contoh teknik dengan pointilisme.Setelah Anda belajar bagaimana untuk menaungi bentuk dasar, Anda dapat menaungi apa saja!

Mulailah dengan pena terbaik dan membuat beberapa titik di sekitar ujung gambar. Hindari menempatkan setiap titik di dalam area sorot/ pantulan cahaya, tapi pastikan bahwa poin secara bertahap menyebar di seluruh are gambar.


Lakukan peralihan pena ke pena berukuran menengah dalam poin Anda, saling berdekatan. Sekarang Anda dapat mengisi hampir seluruh bidang, membuat poin Anda lebih dekat bersama-sama, mendekati bayangan.
 


Untuk membuat bayangan, menggunakan pena ukuran besar dan buat poin saling berdekatan. Di daerah tergelap, titik Anda harus begitu rapat. 

Dengan pointilisme, yang penting menggunakan titik saja. 



Ketika menggambar dengan pointilisme, pastikan Anda tidak menggambar garis apapun. Bahkan ketika Anda sedang menggambar keriput atau bulu mata, gunakan serangkaian poin untuk membuat garis. Ini akan terlihat lebih alami dari garis yang solid, yang akan menonjol di antara semua titik-titik.

Bila gambar Anda selesai, biarkan tinta kering selama sepuluh menit atau lebih sebelum menghapus garis pensil.
 
Contoh gambar dengan paripurna menggunakan teknik pointilisme




 SELAMAT BERKARYA...!

0 komentar :

Poskan Komentar

guru seni rupa sma negeri 2 surakarta

Foto Saya
Tidak ada keajaiban dalam pekerjaanku Aku tidak berjalan di atas air Aku tidak membelah lautan Aku hanya mencintai anak-anak, Inilah ladang misiku, yaitu hati seorang anak Dimana pemikiran dan tindakan yang tak berkesudahan berawal Karena dalam hati ini melalui kata-kata dan perbuatan Aku menanam dan menyirami benih-benih yang kudus.. Aku hanya bisa membantu mereka menemukannya di dalam diri mereka, Aku tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda. Tapi aku bisa membangun generasi muda untuk masa depan. Pendidikan bukanlah sesuatu yang diperoleh seseorang, Tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup. Dengan doa dan usaha kucoba Menggandeng tangan, Membuka pikiran. Menyentuh hati, Membentuk masa depan demi kebahagiaan yang hakiki.

AYO...BERKREASI !!

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com
Diberdayakan oleh Blogger.

KOMPAS.com - Nasional