...( smada solo) Sekolah Unggul Sepanjang Masa ?

Rabu, 20 Februari 2013


...( smada solo) Sekolah Unggul...
Sepanjang Masa ?

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang seiring perkembangan jaman selalu dituntut untuk selalu berbenah. Bila tak mampu mengikuti tuntutan kebutuhan, tak aneh bila ditinggal oleh masyarakatnya. Maka Institusi sekolah yang merupakan lembaga formal menjadi barometer perkembangan pendidikan itu sendiri. Sekolah unggullah yang akan diminati masyarakat, sekolah unggul adalah sekolah yang efektif. Adapun sekolah efektif menurut Cheng, 1996 adalah:
School Effectiveness as the capability of the school to maximize school functions or the degree to which the school can perform school functions, when given a fixed amount of school inputs. (Cheng,1996)
Mengadopsi pendapat dr. Fasli Jalal, Ph.D yang kemudian kita modifikasi ada beberapa hal sekolah dikatakan unggul yakni diantaranya, Pertama bila Sekolah mampu memberikan layanan optimal kepada seluruh anak dengan berbagai perbedaan bakat, minat kebutuhan belajar. Serta mampu memberikan peningkakatan kapasitas yang dimiliki guna menjadi sosok siswa yang berkepribadian yang kuat. Sungguh aneh sebuah intitusi sekolah demi mengejar prestise citra sekolah” memaksa” anak yang berkemampuan kurang dibidang kognitif untuk mundur dari sekolah. Semua demi peringkat UAN tingkat Kota atau Nasional.
Kedua, bila Sekolah yang mampu memberdayakan sumber daya yang ada secara optimal dan efektif. Semua komponen sekolah berdayaguna sesuai dengan tupoksi masing-masing. Bila system yang demikian terbangun roda kepemimpinan dan pembelajaran akan berjalan dengan baik tanpa adanya kamuflase sikap. Ketiga, bila Sekolah yang mampu mengembangkan networking yang luas kepada stakeholder. Jaringan komunikasi yang baik dan luas antara pihak sekolah dengan pihak stakeholder adalah kunci membangun kepercayaan. Banyak sekolah yang”tak berkembang” karena hilangnya kepercayaan dari stakeholder. Keempat, Bila Sekolah renponsif terhadap perubahan. Tak sedikit sekolah tutup karena tidak peka terhadap denyut nadi keinginan masyarakat. Banyak sekolah merasa bangga dengan telah dicapai, namun terlena akhirnya ditinggal masa. Dengan kata lain hari ini boleh kita merasa sudah berdiri kuat, namun jangan tanya tahun depan bila yang lain sudah berlari meninggalkan kita bila kita tak bisa membaca keadaan dengan penuh ide yang kreatif. Kelima, Bila mampu mewujudkan sekolah sebagai organisasi pembelajar. Sudah selayaknya sebuah sekolah unggul selain mampu mengembangkan system pembelajaran, juga menjadi organisasi pembelajar yang mampu menghidupkan organisasi sekolah yang ada dan menjadi pembejar bagi sekolah lain.
Bagaimana strategi menjadi sekolah unggul , mengacu PP19/2005 Strategi Kebijakan bisa ditempuh diantaranya : dengan pembelajaran sekolah selalu terasa hidup, penuh memotivasi, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan ruang yang cukup untuk berprakarsa, kreativitas, dan kemandirian peserta didik sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik peserta didik. Selanjutnya ada keteladanan Dalam proses pembelajaran. Seribu teori tanpa arti tanpa adanya keteladanan. Figur guru menjadi sosok yang benar-benar bisa di”gugu dan ditiru”. Dengan pembiasaan setiap saat diharapkan menjadi kultur sekolah yang baik. Keteladan sebuah kata kunci yang tidak bisa ditawar dalam pendidikan.
       Maka bila sebuah sekolah mampu melaksanakan hal diatas akan menjadi “Sekolah unggul “ sepanjang masa, maksudnya sekolah yang penuh ide dan kreatifitas baru, mengikuti kebutuhan jaman dan tidak akan ditinggal oleh masyarakatnya.
...semoga...

0 komentar :

Posting Komentar

AYO...BERKREASI !!

Diberdayakan oleh Blogger.